Selasa, 27 September 2011

Cara Nendidik Anak

Anak adalah buah hati orang tua, dan semua orang tua mengharapkan agar anaknya menjadi anak yang baik, pandai, rajin beribadah, kreativ, mandiri, dan berguna bagi orang lain, ya setidaknya anak itu tidak memper sulit orang lain kerena ulahnya lah. Kurang lebih seperti itu harapan orang tua kepada anaknya.Tapi apakah didikan orang tua itu sudah benar? Dan apa setia orang tua juga sudah memeberi contoh yang baik kepada anaknya?
          Hmmmm..... nampaknya belum semua? Sebenarnya mendidik anak itu perlu di lakukan sejak dini. Mendidik anak adalah “ibarat membuat ukuran pada batu ukuir”, begitulah yang sering saya dengar. Baik buruknya hasil ukiran itu tergantung pada si pengukir. “Lemeh lembutla pada anak, akan tetapi jangan memanjakanya. Tegurlah apabila ia bersalah, tetapi jangan sampai menyakiti hatinya”. Berilah contoh perilaku yang baik padanya seperti :
*               Jangan pernah membohongi anak, karena itu seperti mengajrinya untuk berbohong, dan itu dapat mengurangi rasa percaya anak pada orang tua.
*               Tanamkan sikap tanggung jawab pada sang anak, Ketika anda melakukan kesalahan jangan pernah malu atau gengsi untuk mengakuinya, dan orang tua harus mengakuinya dengan gentle bukanya malah mengelak.
*               Ajarkan ilmu agama sedini mungkin.
*               Jangn pernah berkata kotor di depan anak, karena itu seperti mengajari anak dengan perkataan-perkataan yang tidak seharusnya ia ketahui.
*               Tanamkan sikap menghormati kepada orang tua sejak dini, agar kelak saat dewasa nanti anak pun tidak bersikap kurang ajar pada orang tua.
*               Ajari sikap sopan santun dan saling menghargai kepada orang lain.
*               Selalu memberi perhatian penuh kepadanya.
*               Ajak dia saling menyayangi lingkungan sekitar dengan tidak merusaknya.
*               Ajarkan dia berbagi dengan teman sebayanya.
Sedikit saran-saran dari saya, selamat menoba mendidik anak anda. Semoga berhasil...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar