Sabtu, 08 Oktober 2011

Charless Goodyear

Chaeless Goodyear adalah warga negara Amerika Serikat yang menemukan cara memperbaiki mutu karet. Goodyear lahir di Connecticut, Amerika Serikat, pada tahun 1800. Good year tertarik pada karet sejak berumur 34 tahun. Saat itu sudah ada perusahaan yang membuat jas hujan dan selang air. Karena cuaca di Amerika di amerika sering berubah-ubah karet menjadi rusak. Pada musim panas karet menjadi lembek dan dan kehilangan bentuknya. Pada musim hujan karet menjadi kaku dan rapuh.
Goodyear menjadi penasaran dan ahirnya ia mencampur karet dengan asam nitrat atau bahan yang lain. Tetapi setelah taga tahun belum mendapatkan hasil. Pada suatu hari tanpa sengaja ia menjatuhkan campuran karet dan belerangdi atas tungku api yang panas. Ternyata campuran itu tidak meleleh. Keesokan harinya campuran itu menjad dingin dan bersifat kenyal, tidak tenbus air, serta tidak tembus udara. Ketika di pansakan lagi karet tersebut tidak lengket ataupun lembek.
Tahun 1860 pada usia 60 tahun, goodyear meninggal dunia. Pada waktu itu ia belum menikmati penemuanya. Namanya di abadikan sebagai nama perusahaan karet terbesar di Amerika Serikat. (Sumber : Buku Pintar 100 Penemu Paling Berpengaruh di Dunia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar