Sabtu, 15 Oktober 2011

Kebutuhan-kebutuhan manusia

Sebenarnya apa aja sih kebutuhan kita?? Trus apa aja yang di butuhkan tubuh kita agar tetap sehat?? Yuk kita pelajari…
*      Air
Air suatu benda cair yang di butuhkan tubuh kita untuk melarutkan makanan dan membantu menyerap sari-sari makana yang masuk ke dalam tubuh kita. Air juga di gunakan untuk beraktivitas, seperti memasak, mencuci, mandi (keperluan MCK), air minum, dll. Mengingat Sangat pentingnya air bagi kita, maka jangan kita mencemari air agar tidak terjadi polusi air sehingga air dapat berguna sebagai mana mestinya.
*      Udara
Udara adalah jenis benda padat yang tak kalah pentingnya dari air yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Udara di gunakan untuk bernafas dan berbagai aktivitas lain seperti mengisi ban motor atau mobil, menerbangkan balon udara atau balon mainan, fotosintesis tumbuhan, dll. Udara harus senentiasa kita jaga dari polusi, agar tidak berbahaya bagi manusia.
*      Makanan
Makanan adalah sesuatu yang dapat mengenyangkan akan tetapi harus menyehatkan juga. Makanan yang menyehatkan adalah makan yang tidak mengandunng racun atau bahan pengawet, bahan kimia, dan bahan pewarna; akan tetapi mengandung vitamin, karbohidrat dan protein. Contoh-contoh makan adlah sebagai berikut :
*      Nasi
Nasi adalah makan yang terbuat dari padi yang telah di panenen kemudian di keringkan dan di giling sehingga kulit dan butir padi terpisah. Nasi adalah salah satu contoh makanan yang mengandung karbohodrat yang di butuhkan oleh manusia.
*      Sayuran
Sayuran adalah makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (nabati). Ada bermacam-macam jenis sayuran, seperti :
a.       Dedaunan (daun bayam, Sawi, sledri,singkong). Biasanya sayuran jenis daun banyak mengandung serat yang di butuhkan oleh tubuh untuk memeperlancar  pencernaan /BAB (Buang air Besar)
b.      Bunga (brokoli, kol, genjer).Jenis sayuran ini juga di butuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat.
c.       Buah (tomat, Labu siam, terung)Tomat adalah jenis sayuran yang mengandung Vitamin A yang baik untuk mata.
d.      Umbi, salah satu jenis sayuran umbi adalah wortel. Sama halnya dengan tomat, wortel juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita.
e.       Kacang-kacangan, contoh sayuran jenis ini adalah kedelai. Kedelai banyak mengandung protein yang mampu membantu pertumbuhan tubuh kita.

*      Lauk-pauk
 Lauk pauk adalah makanan yang di makan bersamaan dengan nasi. Ada banyak jenis lauk yang dapat kita makan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Seperti daging, ikan,telur, tahu, tempe, sayuran, dll.
*      Buah-bahan
Buah adalah makan yang berasal dari tumbuhan (nabati) yang mengandung banyak vitamin yang di butuhkan oeh tubuh kita untuk menjaga kesehatan badan. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah ada banyak, seperti vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, Vitamin A yang menjaga kesehatan mata, Vitamin B untuk mencegah penyakit  beri-beri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar