Sabtu, 19 November 2011

Asal Usul Nama Wungurejo

Wungurejo adalah salah satu dusun kecil diatara berjuta juta dusun yang ada di Indonesia. Dulu wungurejo bernama “Nggejot”, hehe… namanya jadul banget ya…. Maklum lah… yang ngasih nama juga orang jaman dulu kok! Ehm..okey.. kita milai cerita ku. Dulu namanya Nggejot, kenapa coba??? Yups….dulu masih jarang banget rumah rumah di wungurejo, jadinya sepi karena rumah satu dengan rumah yang lain jaraknya sangat berjauhan. Semakin lama semakin bertamabha dan lama lama jadi deh kayak sekarang. Cukup ramai dan riuh hehe…
Dari awal yang hanya berpenduduk sedikit dan kurang makmur lama kelamaan ahirnya nama dusun Nggejor di ganti menjadi Wungurejo, yang berasal dari kata wungu dan rejo.
Eits…..wungu di sini artinya bukan wungu warna ungu loh??? Tapi wungu di sini menuru bahasa jawa artinya adalah “Banngun” Sedangkan rejo artinya “makmur”. Jadi wungurejo artinya BAngun Dan makmur. Aatu dengan kata lain Penduduknya berubah menjadi besar dan makmur.
Seperti kebanyakan orang bilang bahwa Nama adalah Sebuah Do’a, Begitu pula dengan nama dusun ku. Harapan penduduk wungurejo juga seperti itu. Menjadi besar dan makmur. Banyak yang bilang semenjak ganti nama banyak kemajuan di alami oleh dusun di desaku. Misalnya ketika hai kurban tehun lalu, Di desaku menyembelih 20 ekos kambing dan 1 ekor sapi untuk dua mushola, Hemh….lumayan banyak juga untuk dusun kecil di desa ku ini.
Ohya… beberapa tahun lalu bapak bupati juga berkunjung ke dusun ku lohh? Saat itu mushola kami mengadakan pengajian yang ternyata di datangkan bupati Gunungkidul. Keren kan dusun ku..hehe…Moga moga aja tahun ini bias ngedatengin DPR atau Presiden sekalian amin! Biar di dusun ku ada kemajuan.
Dulu penduduk di desaku harus menimba sumur untuk mendapatkan seember air. Huh…kasian benget ya?? Tapi karena perkembangan jaman berubah, penduduk beralih menggunakan pompa air, tak lama kemudian kami beralih menggunkan Pam.
Itulah sedikit cerita dari asal mula nama dusun di desaku. Terimakasih udah ngebaca…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar